Alasan Pertimbangkan Menentukan Jurusan Kuliah

Kampus

Menjelang ujian masuk perguruan tinggi, sebagian besar lulusan SMA mengalami dilema yang cukup berat. Mereka biasanya bingung mau memilih jurusan kuliah yang mana. Penentuan jurusan kuliah tidak boleh dilakukan secara sembrono. Di Medan ada Kampus Digital Terbaik di Sumut.

Jika tidak hati-hati, Kamu akan salah masuk jurusan. Untuk menghindarinya, alasan pertimbangkan menentukan jurusan kuliah perlu dipikirkan. Jika perlu, kamu dapat memikirkannya jauh-jauh hari agar pada waktu pendaftaran nanti kamu sudah memiliki pilihan yang mantap.

Pengalaman salah masuk jurusan merupakan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Karena hal ini, banyak mahasiswa salah jurusan merasa kesulitan dalam menjalani kuliah. Sehingga, mereka pun membutuhkan waktu lama untuk lulus.

Oleh sebab itu, Kamu perlu mempertimbangkan beberapa alasan berikut ini saat memilih jurusan kuliah.

  1. Bakat

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat akan memberimu kemudahan selama menjalani perkuliahan. Dengan demikian, Kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk memperoleh IPK tinggi dan lulus lebih cepat.

Apabila Kamu memiliki bakat seni, maka jurusan seni rupa, seni musik, dan desain grafis dapat menjadi pilihan terbaik. Dan jika Kamu pandai berkomunikasi dan bagus dalam public speaking, pilihan jurusan yang tepat adalah hukum, pendidikan, dan komunikasi.

  1. Minat

Ketika memilih jurusan kuliah, ada baiknya Kamu mempertimbangkan minatmu. Dengan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat, Kamu dapat menjalani kuliah dengan nyaman dan senang.

Mood yang positif ini tentunya dapat memberi akibat yang positif pada keseluruhan proses kuliahmu. Salah satunya adalah membuatmu lebih rajin kuliah. Selain itu, minat tersebut juga akan membantumu lulus kuliah dengan mudah dan nilai memuaskan.

  1. Tes Kepribadian

Apabila Kamu belum menemukan bakatmu atau jika kamu memiliki banyak minat, Kamu dapat mengikuti tes kepribadian. Tes ini akan membantumu mengetahui minat terbesar, bakat, potensi, dan karakter yang ada pada dirimu.

Selain itu, tes kepribadian juga akan membantumu menemukan bidang karir yang pas untukmu. Sehingga, Kamu dapat dengan mudah menentukan jurusan dan arah karir yang tepat. Tes kepribadian biasanya ditawarkan oleh lembaga psikologi dan konseling.

Terkadang, pihak sekolah bekerja sama dengan lembaga ini untuk mengadakan tes kepribadian di sekolah. Jika kesempatan ini muncul di sekolahmu, Kamu jangan sampai ketinggalan. Dengan mengikuti tes ini, Kamu dapat memilih jurusan kuliah yang cocok dengan lebih mudah.

  1. Biaya

Sebagian jurusan membutuhkan biaya mahal per semesternya, contohnya Kedokteran, Farmasi, dan berbagai jurusan teknik serta sains. Sedangkan jurusan yang minim praktikum iasanya relatif terjangkau.

Oleh karenanya, Kamu perlu mempertimbangkan biaya ketika memilih jurusan kuliah. Dengan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu, Kamu dapat menjalani perkuliahan dengan lebih lancar.

Sebaliknya, jika memilih jurusan yang tidak sesuai dengan besarnya dana kuliahmu, Kamu akan kesulitan menjalaninya. Kesulitan biaya kuliah akan membuatmu terpaksa kuliah sambil bekerja. Sehingga, Kamu tidak bisa benar-benar fokus untuk meraih prestasi di kampus.

  1. Akreditasi dan Universitas

Beberapa universitas menawarkan program studi yang sama. Akan tetapi, program studi tersebut memiliki akreditasi yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu perlu mempertimbangkan akreditasi dan universitas yang akan dimasuki.

Pilihlah jurusan dengan akreditasi A dan universitas yang terakreditasi A atau B. Dengan mempertimbangkan akreditasi dan universitas, ijazahmu akan menjadi lebih ‘laku.’ Sehingga, Kamu dapat memperoleh pekerjaan dengan cepat.

  1. Prospek Kerja

Satu hal yang tidak tidak boleh ketinggalan saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja. Memilih jurusan dengan prospek kerja yang baik akan membantumu cepat memperoleh pekerjaan setelah lulus.

Akan tetapi, jurusan dengan prospek kerja yang bagus biasanya banyak diminati. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Kamu berusaha keras agar lolos tes masuk perguruan tinggi.

  1. Diskusikan dengan teman atau saudara

Apabila Kamu masih merasa bingung mau memilih jurusan yang mana, Kamu dapat berdiskusi dengan teman atau saudara yang telah berpengalaman. Dengan demikian, Kamu akan memiliki gambaran perkuliahan di setiap jurusan dengan lebih jelas dan dapat memilih jurusan yang tepat.

Dengan memikirkan alasan pertimbangkan menentukan jurusan kuliah tersebut, Kamu akan dapat memilih jurusan yang tepat. Sehingga, proses kuliahmu akan lebih mudah dijalani dan Kamu dapat lulus dengan lebih cepat dengan IPK tinggi. Langsung saja cek  Kampus Digital Terbaik di Sumut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *